Jika memiliki beberapa nama domain yang ingin digunakan dengan layanan Google, Anda dapat menambahkan domain ini ke akun Google for Work tanpa biaya tambahan. Pengguna dapat memiliki identitas pada satu atau beberapa domain. Selain itu, Anda dapat mengelola domain beserta penggunanya dari Konsol admin yang sama.

Tambahkan domain sebagai alias domain untuk domain primer, atau sebagai domain sekunder terpisah. Mana yang harus saya pilih?

Edisi lawas gratis Google Apps hanya mendukung alias domain, bukan domain sekunder.

Menambahkan domain ke akun Google

Sebelum menambahkan domain, lihat Batasan beberapa domain.

  1. Akun Anda saat ini noval.yulyar@eikontechnology.com tidak memiliki izin untuk melakukan langkah ini. Untuk melanjutkan, Anda harus beralih ke akun administrator. Tindakan ini akan membuka Konsol admin Google.

    Beralih ke akun administrator sekarang atau Pelajari lebih lanjut.

  2. Dari dasbor Konsol admin, buka Domain.

    Jika Anda tidak melihat Domain pada dasbor, klik Kontrol lainnya di bagian bawah.

  3. Klik Tambahkan/hapus domain > Tambahkan domain atau alias domain.
  4. Pilih cara menambahkan domain: Mana yang harus saya pilih?
    • Menambahkan alias domain nama-domain-primer: Tindakan ini memberi alamat email di domain alias kepada semua orang di domain utama Anda. Untuk menambahkan alias domain ke domain sekunder, Anda harus menggunakan API Alias Domain.
    • Menambahkan domain lainnya: Hal ini menambahkan domain sekunder terpisah yang dapat memiliki pengguna dan grupnya sendiri.
  5. Masukkan nama domain yang ingin ditambahkan.
    Anda harus memiliki nama domain dan nama tersebut tidak dapat didaftarkan dengan akun Google apa pun lainnya.
  6. Klik Lanjutkan dan verifikasikan kepemilikan domain.
    Jika nama domain sudah terdaftar dengan akun Google lainnya, pesan kesalahan muncul. Untuk menambahkan domain ke akun ini, Anda harus menghapusnya dari akun lainnya.
  7. Ikuti petunjuk untuk memverifikasi bahwa Anda memiliki domain. Pelajari lebih lanjut tentang memverifikasi domain Anda.
    Jika mendapatkan pesan bahwa nama domain baru telah digunakan sebagai alias atau domain, pelajari apa saja pilihan Anda.
  8. Klik Verifikasikan dan lanjutkan ke penyiapan pengiriman email.
  9. Perbarui data MX domain untuk merutekan email ke server email Google.
    Lakukan ini hanya jika Anda menginginkan pengguna menerima email dari domain di kotak masuk Gmail mereka.
  10. Klik Saya telah menyelesaikan langkah-langkah tersebut.

Melihat status verifikasi domain

Lihat status verifikasi domain di laman Domain di Konsol admin. Segera setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, status akan menjadi "Memperbarui". Jika kepemilikan Anda telah diverifikasi, statusnya akan menjadi "Aktif". Waktu transisi total bergantung pada jumlah pengguna dan muatan sistem. Untuk domain dengan banyak pengguna, mungkin perlu waktu lebih dari 24 jam agar semua pengguna menerima alamat email alias mereka setelah proses verifikasi.

Mengganti nama organisasi (opsional)

Secara default, Google menggunakan nama domain primer sebagai nama organisasi di Konsol admin dan di laman layanan pengguna. Saat menambahkan domain lain, sebaiknya ubah nama organisasi menjadi nama yang lebih inklusif.