Mengapa harus diverifikasi?

Jika Anda adalah orang yang mendaftarkan bisnis ke Google Apps yang menjadikan Anda sebagai Administrator Google Apps, Anda perlu memverifikasi bahwa Anda memiliki domain bisnis tersebut, seperti bisnis-Anda.com, sebelum Anda dapat menggunakan layanan Google Apps, termasuk Gmail. Tindakan ini untuk memastikan bahwa tidak ada orang lain yang dapat menggunakan layanan atau mengirimkan email yang sepertinya berasal dari bisnis Anda. Memverifikasi domain Anda adalah langkah pertama untuk menyiapkan Google Apps untuk bisnis tersebut.

Memulai

Jika verifikasi tampaknya sedikit bersifat teknis, jangan khawatir. Hanya perlu waktu sekitar 5-10 menit, dan kami akan memandu Anda, langkah demi langkah. Jika Anda butuh bantuan, jangan ragu untuk berbicara dengan spesialis Dukungan Google. Pilih metode verifikasi yang terbaik bagi Anda:

  • Tambahkan data ke setelan domain Anda (Disarankan)

    Tambahkan data verifikasi ke setelan domain Anda. Ikuti petunjuk langkah demi langkah untuk membuka Wizard Penyiapan, terima data unik Anda (TXT atau CNAME, tergantung preferensi host domain Anda), dan tambahkan ke setelan domain Anda agar Google dapat memverifikasi kepemilikan domain tersebut.

    Arahkan saya ke langkah tersebut!

  • Unggah file HTML ke situs web Anda

    Ada situs web pada domain Anda? Anda atau webmaster Anda dapat mengunggah file HTML unik (disedikan oleh Wizard Penyiapan) ke server web domain Anda. File tidak akan memengaruhi situs web Anda. Cobalah metode ini jika Anda tidak memiliki akses ke setelan DNS domain.

    Arahkan saya ke langkah tersebut!

  • Tambahkan tag <meta> ke situs web Anda

    Verifikasi domain Anda dengan menambahkan tag unik (disediakan oleh Wizard Penyiapan) ke beranda Anda. Metode ini memerlukan pengeditan file di server web domain Anda. Tag tidak akan memengaruhi situs web Anda. Coba ini jika Anda memiliki akses edit ke file di server, namun tidak dapat mengunggah file baru.

    Arahkan saya ke langkah tersebut!

Membeli domain saat Anda mendaftar ke Google Apps? Maka, Anda tidak perlu memverifikasi domain tersebut. Jika tidak yakin apakah Anda perlu melakukan verifikasi atau tidak, Anda dapat memeriksa apakah domain telah diverifikasidi Konsol admin.

Ada Pertanyaan?

Apakah domain saya sudah diverifikasi?

domains icon

Untuk memeriksa apakah domain Anda telah diverifikasi:
  1. Akun Anda saat ini noval.yulyar@eikontechnology.com tidak memiliki izin untuk melakukan langkah ini. Untuk melanjutkan, Anda harus beralih ke akun administrator. Tindakan ini akan membuka Konsol admin Google.

    Beralih ke akun administrator sekarang atau Pelajari lebih lanjut.

  2. Dari dasbor Konsol admin, buka Domain.

    Jika Anda tidak melihat Domain pada dasbor, klik Kontrol lainnya di bagian bawah.

  3. Klik Tambahkan/hapus domain.

    wizard2-step-click-domain

  • Jika melihat informasi domain Anda ditampilkan, domain tersebut telah diverifikasi secara otomatis saat Anda mendaftar ke Google Apps, atau Anda telah memverifikasinya melalui Wizard Penyiapan.

    Primary Domain info displayed

  • Jika melihat tautan Aktifkan domain, Anda perlu mengikuti petunjuk untuk memverifikasi domain tersebut.

    Activate Domain link visible

Kapan saya harus memverifikasi domain?

Anda harus memverifikasi domain sesegera mungkin setelah mendaftar ke Apps, karena Anda tidak akan dapat menggunakan layanan seperti Gmail hingga melakukannya. Verifikasi tidak memengaruhi kinerja situs web atau email Anda, jadi tidak ada alasan untuk tidak segera melakukan langkah ini. Jika domain tidak diverifikasi dalam waktu beberapa hari sebelum akhir masa uji coba gratis, akun Anda akan dihapus secara otomatis.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memverifikasi?

Menambahkan data verifikasi Google ke domain Anda biasanya hanya perlu waktu kurang dari 10 menit. Google akan memverifikasi kepemilikan Anda dalam dua jam setelah tindakan tersebut dilakukan.

Langkah berikutnya

Kini saatnya menyiapkan Gmail Anda dengan Google Apps. Dapatkan petunjuk mendetail untuk menyiapkan Gmail dengan host Anda di tab tambahan.

Saya butuh bantuan untuk memverifikasi domain Anda

Dapatkan bantuan pribadi yang cepat dari Tim dukungan Google. Kami tersedia setiap saat