Agar G-Suite domain (...) bisa dipakai harus dilakukan beberapa hal dibawah ini :


1. Silahkan melakukan Accept Term Of Service dengan cara meng-klik link yang dikirimkan dari Google ke email Registrant G-Suite : (...) agar G-Suite nya bisa Active.


2. Lakukan domain verifikasi dengan menambahkan TXT Record pada DNS management / Zone Editor dari  domain (...) dengan value berikut :


google-site-verification=fLd2939JRQtnaGNSBKyunV2Ip-tXp0QBM3Oum-9A0dc


3. Lakukan Update SPF Record existing dengan menambahkan SPF dari Google pada TXT Record di DNS Management / Zone Editor dari domain (...) dengan value berikut :


v=spf1 include:_spf.google.com ~all


4. Silahkan Menambahkan pengguna satu per satu lewat admin console G-Suite (...) berikut ini stepnya :


Menambahkan pengguna satu per satu

 

  1. Tonton video (bahasa Inggris saja)

    Untuk menambahkan akun pengguna:

    1. Masuk ke Konsol Google Admin.
    2. Klik Pengguna.
    3. Pilih unit organisasi tempat Anda ingin menambahkan pengguna. (Anda mungkin perlu mengeklik untuk melihat unit organisasi.)
    4. Klik dan pilih Tambahkan pengguna.
    5. Masukkan Nama Depan, Nama Belakang, dan Alamat email primerpengguna baru.

      Sebelum memberikan alamat email, periksa apakah pengguna memiliki akun yang sudah ada dengan layanan Google seperti Gmail atau Google Hangouts.

    6. Jika akun telah memiliki beberapa domain yang dikaitkan dengan akun Anda, pilih domain tempat Anda ingin menambahkan pengguna.

      Di sebelah kanan tanda @, Anda dapat menemukan daftar tarik-turun yang berisi domain yang tersedia. Domain yang Anda pilih akan menjadi bagian dari alamat email pengguna yang muncul setelah tanda @.

      Create a new user

    7. (Opsional) Tetapkan sandi awal pengguna.

      Konsol admin membuat sandi sementara untuk pengguna baru, menggunakan pola campuran yang terdiri dari simbol, huruf besar dan kecil, serta angka. Panjang sandi boleh lebih panjang dari batas minimum (delapan) atau panjang sandi minimum yang telah disetel untuk domain Anda.

      Untuk menetapkan sandi awal yang berbeda, klik Tetapkan sandi lalu masukkan sandi dua kali. Google mewajibkan panjang sandi minimum delapan karakter. Lihat Bantuan sandi untuk kiat membuat sandi yang rumit.

      Set user password

    8. (Opsional) Klik Info tambahan untuk menambahkan informasi kontak (seperti nomor ponsel atau alamat kantor pengguna) dan detail karyawan (seperti ID karyawan atau pusat biaya pengguna) ke profil pengguna. Jika ingin menambahkan lebih banyak lagi informasi untuk profil pengguna, Anda dapat membuat atribut khusus. Informasi profil pengguna dapat dilihat di Konsol admin dan kontak Gmail.
    9. Klik Buat.
    10. Klik Kirim petunjuk melalui email atau Cetak petunjukuntuk menyampaikan informasi akun kepada pengguna baru.

      Jika Anda memilih untuk mengirim petunjuk melalui email, pastikan untuk mengirim pesan ke alamat email yang saat ini dapat diakses oleh pengguna, bukan ke alamat email baru.

    11. Klik Selesai.
    12. (Opsional) Edit setelan pengguna tambahan.

      Untuk menetapkan setelan pengguna lainnya, seperti menambahkan pengguna baru ke grup atau menghapus informasi pengguna dari Direktori Google Apps Anda, klik nama pengguna di daftar. Lihat Mengelola akun penggunauntuk mendapatkan petunjuk.

    Diperlukan waktu hingga 24 jam agar akun pengguna baru muncul di Direktori yang dapat dicari. Anda juga dapatmenyembunyikan pengguna dari Direktori Google Apps dengan mengubah opsi berbagi.

5. Selanjutnya, Jika user sudah terbuat dan menginginkan email yang dikirimkan ke email G-Suite @(...) masuk ke inbox user masing-masing yang ada di G-Suite 

Maka, silahkan melakukan Update current MX Record (TXT) pada cpanel domain (...) dengan milik google dengan value di berikut :


Name/Host/Alias
Time to Live (TTL*)
Record Type
Priority
Value/Answer/Destination
dikosongi or @
3600
MX
1
ASPMX.L.GOOGLE.COM
dikosongi or @
3600
MX
5
ALT1.ASPMX.L.GOOGLE.COM
dikosongi or @
3600
MX
5
ALT2.ASPMX.L.GOOGLE.COM
dikosongi or @
3600
MX
10
ALT3.ASPMX.L.GOOGLE.COM
dikosongi or @
3600
MX
10
ALT4.ASPMX.L.GOOGLE.COM
Mohon untuk memperhatikan stepnya, dikarenakan harus berurutan dari 1 s/d 5.