Jika ada aktivitas yang tidak wajar di akun, misalnya mendapat email dari Google tentang aktivitas yang mencurigakan, atau tidak dapat masuk akun lagi, berarti mungkin akun Anda telah disusupi.


Tanda-tanda akun telah disusupi

 

Akun mungkin telah disusupi jika Anda mengalami salah satu masalah berikut:

- Anda menerima notifikasi tentang upaya masuk yang tidak biasa dan tidak dikenal.

- Anda menerima notifikasi bahwa nama pengguna atau sandi telah diubah.

- Anda tidak mendapatkan email lagi.

- Anda melihat bilah merah di bagian atas akun yang bertuliskan "Kami mendeteksi adanya aktivitas yang mencurigakan di akun".

- Di akun Wallet, Anda melihat instrumen pembayaran seperti rekening bank, kartu kredit, kartu debit, atau kartu hadiah yang tidak dikenal di akun atau Anda melihat   transfer uang yang dikirimkan ke atau diterima di akun (Anda dapat memeriksanya di wallet.google.com).

- Anda mendapatkan keluhan dari teman-teman karena mengirim spam.

- Pesan yang tidak Anda kirim muncul di Pesan Terkirim.

- "Aktivitas akun terakhir" menunjukkan aktivitas masuk pada waktu yang tidak biasa, atau bukan dari komputer atau perangkat yang biasanya dipakai.

- Setelan Gmail Anda berubah, tetapi Anda tidak mengubahnya. Setelan tersebut meliputi: penjawab kala libur, tanda tangan, penerusan, filter, bahasa dan lainnya.

- Ada pembelian di akun Play, tetapi bukan Anda yang melakukannya.

- Ada video di saluran YouTube Anda yang tidak Anda upload sendiri.

- Jika menurut Anda akun telah dibajak, Anda dapat memeriksa aktivitas akun terbaru.

Tindakan yang harus Anda lakukan untuk memulihkan akun yang dibajak


Jika Anda masih dapat masuk ke akun

 

Amankan akun

Jika menurut Anda akun disusupi, segera ubah sandi.

Berikutnya, selesaikan Pemeriksaan Keamanan untuk memastikan penyerang tidak bisa mendapatkan kembali akses ke akun Anda nanti. Anda akan meninjau informasi pemulihan akun, aktivitas terkait keamanan di akun, dan perangkataplikasi, serta situs web yang terhubung dengan perangkat. Hapus perangkat atau aplikasi yang tidak dikenal.

Kembali masuk ke akun

Setelah mengamankan akun, Anda harus kembali masuk di tiap perangkat dan browser yang memiliki akses penuh ke Akun Google.

Catatan: Beberapa aplikasi, situs web, dan perangkat (seperti TV atau konsol game) hanya memiliki sebagian akses ke informasi di Akun Google. Semua ini tetap berfungsi normal jika Anda tidak menghapusnya dari aplikasi yang terhubung dengan akun.

Hapus kemungkinan virus

Jika Anda masih melihat tanda bahwa akun disusupi, komputer mungkin telah terinfeksi virus dan penyerang mungkin menggunakan perangkat Anda dari jarak jauh.

Sebaiknya pasang perangkat lunak antivirus atau hapus komputer hingga bersih dan pasang ulang sistem operasi.

Jika Anda tidak dapat lagi masuk ke akun

 

Jika Anda tidak dapat masuk ke akun, buka Halaman dukungan akun dan ikuti petunjuknya. Kami akan memeriksa permintaan Anda secepatnya.

Jika Anda melihat bilah merah di bagian atas akun

 

Jika ada bilah merah di bagian atas layar yang bertuliskan "Kami mendeteksi adanya aktivitas yang mencurigakan di akun", itu karena Google menganggap mungkin ada pembajak yang mencoba mengakses akun Anda dan penting untuk memberi tahu Anda tentang ancaman keamanan tersebut.

Kami sangat menyarankan Anda mengeklik tautan di bilah tersebut sehingga Anda dapat melihat daftar perangkat yang baru-baru ini digunakan untuk mendeteksi sesuatu yang mencurigakan.

Setelah meninjau perangkat, Anda dapat menutup bilah merah dengan memilih X.