Untuk menjaga agar akun tetap aman, berikut ini beberapa kiat tentang cara membuat sandi yang kuat:

Gunakan sandi yang unik untuk setiap akun penting Anda

 

Gunakan sandi yang berlainan untuk setiap akun penting Anda, seperti email dan perbankan online. Menggunakan ulang sandi sangat berisiko. Jika seseorang mengetahui sandi Anda untuk suatu akun, orang tersebut kemungkinan besar dapat mengakses email, alamat, bahkan uang Anda.

Gunakan campuran huruf, angka, dan simbol dalam sandi

 

Dengan menggunakan angka, simbol, serta campuran huruf besar dan kecil, sandi Anda semakin sulit ditebak. Misalnya, sandi delapan karakter yang terdiri dari angka, simbol, dan campuran huruf besar kecil lebih sulit ditebak karena ada lebih dari 30.000 kemungkinan kombinasi daripada sandi delapan karakter yang hanya terdiri dari huruf kecil.

Jangan gunakan informasi pribadi atau kata umum sebagai sandi

 

Buat sandi unik yang tidak berhubungan dengan informasi pribadi Anda dan menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol. Misalnya, Anda dapat memilih kata atau frase acak dan menyisipkan huruf dan angka di awal, tengah, dan akhir agar ekstra sulit untuk ditebak (seperti "sPo0kyh@ll0w3En"). Jangan menggunakan kata atau frase sederhana seperti "sandi" atau "izinkansayamasuk," pola keyboard seperti "qwerty" or "qazwsx," maupun pola berurutan seperti "abcd1234" yang membuat sandi lebih mudah ditebak.

Pastikan bahwa opsi sandi cadangan Anda terbaru dan aman

 

Pastikan agar secara teratur memperbarui alamat email pemulihan sehingga Anda dapat menerima email jika perlu menyetel ulang sandi. Anda juga dapat menambahkan nomor ponsel untuk menerima kode setel ulang sandi lewat SMS.
Banyak situs juga akan memberi Anda opsi menjawab pertanyaan keamanan jika Anda lupa sandi. Jika Anda dapat membuat pertanyaan sendiri, cobalah membuat pertanyaan yang jawabannya hanya diketahui oleh Anda. Jawaban sebaiknya tidak mudah ditebak dengan memindai informasi yang Anda poskan secara online di blog atau profil jejaring sosial. Jika Anda harus memilih pertanyaan dari daftar opsi, seperti kota tempat kelahiran Anda, coba cari cara untuk membuat jawaban yang unik dengan menggunakan beberapa kiat di atas. Dengan begitu, meski seseorang menebak jawabannya, mereka tidak akan mengetahui cara memasukkannya dengan benar.

Jaga agar sandi tetap aman

 

Jangan meninggalkan catatan berisi sandi berbagai situs di komputer atau meja. Orang yang sekadar lewat akan dapat mencuri informasi ini dengan mudah dan menggunakannya untuk menyusup ke akun Anda. Jika Anda memutuskan menyimpan sandi dalam file di komputer, buat nama yang unik untuk file tersebut sehingga orang lain tidak mengetahui apa isinya. Hindari pemberian nama file yang terlalu mencerminkan isinya, misalnya "sandi saya". Jika Anda kesulitan mengingat beberapa sandi, pengelola sandi tepercaya dapat menjadi solusi yang baik. Luangkan beberapa menit untuk memeriksa ulasan dan reputasi terkait layanan tersebut.

Tambahkan lapisan keamanan ekstra
Setelah Anda membuat sandi, Anda dapat menambahkan lapisan keamanan ekstra dengan mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah. Verifikasi 2 Langkah mengharuskan Anda memiliki akses ke ponsel Anda, juga nama pengguna dan sandi Anda, saat masuk ke Akun Google Anda. Ini berarti bahwa jika seseorang mencuri atau menebak sandi Anda, mereka tidak akan bisa masuk ke akun karena tidak memiliki ponsel Anda. Kini Anda dapat melindungi diri Anda dengan sesuatu yang Anda tahu (sandi) dan sesuatu yang Anda miliki (ponsel).

Untuk informasi selengkapnya tentang menjaga agar akun tetap aman, kunjungi Daftar Periksa Keamanan Akun.