Hangouts memungkinkan Anda menjaga panggilan video call aman dengan membatasi peserta video call hanya pengguna dalam organisasi Anda. Atau, Anda dapat membuka panggilan untuk tamu eksternal bila diperlukan melalui undangan atau tautan bersama.

Tamu eksternal dapat bergabung tanpa akun Google menggunakan URL rapat, jika diizinkan. Tamu tanpa akun dapat hadir dan berpartisipasi dalam video call, tetapi berbagai fitur lainnya, seperti chat teks dan aplikasi Hangout tidak akan tersedia bagi mereka.

Artikel ini hanya berlaku untuk pengguna G Suite (jika alamat email berakhir dengan @gmail.com, Anda mungkin tidak menggunakan G Suite). Pelajari cara memulai video call di Hangouts.


Pilihan untuk mengundang tamu :


Metode undangan Deskripsi
Memungkinkan pengguna internal saja

Untuk memungkinkan hanya pengguna dari organisasi Anda yang bergabung dengan video call, tambahkan mereka ke rapat Google Kalender, tetapi jangan menambahkan pengguna eksternal.

Untuk menambahkan tamu lain setelah rapat dimulai, klik Undang orang dan undang pengguna internal.

Mengundang pengguna internal atau eksternal khusus

Anda dapat mengundang tamu khusus menggunakan Google Kalender, atau menambahkannya setelah rapat dimulai.

Pengguna di luar organisasi yang secara khusus diundang menggunakan akun email:

  • Jika mereka masuk akun, mereka juga harus bergabung dengan alamat email yang sama dengan yang digunakan dalam undangan.
  • Jika mereka bergabung dengan akun lain atau tidak memiliki akun Google, pengguna eksternal dapat meminta untuk bergabung dengan rapat. Nama dan foto profil mereka akan muncul saat mereka bergabung dalam rapat.
  • Untuk detailnya, lihat cara tamu eksternal masuk ke Hangouts.
Memungkinkan siapa saja untuk bergabung menggunakan tautan

Anda juga dapat memungkinkan siapa saja untuk bergabung menggunakan tautan URL. Mereka bisa mengeklik tautan atau memasukkannya dalam browser, dan akan diminta memasukkan nama ketika mereka mengeklik tautan untuk meminta akses. Mereka tidak harus memiliki Akun Google.

Catatan: Seseorang dalam organisasi Anda harus mengizinkan atau menolak tamu eksternal tak diundang yang mencoba untuk bergabung dengan panggilan melalui tautan rapat.

Tamu eksternal dengan akun Google dapat bergabung dari komputer, perangkat seluler, atau perangkat Chromebox untuk rapat.


Memahami siapa yang dapat bergabung dengan panggilan :

Di bagian kanan atas jendela video call, ikon di samping nama rapat menunjukkan bagaimana pembatasan panggilan tersebut.

Ikon Deskripsi

Hanya tamu internal

Internal guests only

Bila ikon ini muncul

  • Tidak ada seorang pun di luar organisasi Anda yang diundang ke video call.
  • Tidak ada seorang pun di luar organisasi Anda yang dapat bergabung dengan video call.
  • Klik Invite people atau Undang Orang untuk mengizinkan tamu eksternal bergabung.

Catatan:

Fitur Telepon di Chromebox untuk Rapat dapat menunjukkan ikon hanya tamu internal, bahkan jika seseorang di luar organisasi Anda ditambahkan sebagai peserta telepon.

Bergabung dengan tautan

Join with link

Bila ikon ini muncul

  • Seseorang di luar organisasi Anda diundang ke video call.
  • Seseorang di luar organisasi Anda diundang ke acara hosting video call Kalender.
  • Video call dibagikan menggunakan tautan rapat.
  • Seseorang di luar organisasi Anda dapat meminta untuk bergabung jika mereka memiliki tautan rapat.

Yang perlu Anda ketahui:

  • Jika seseorang di luar organisasi Anda mencoba untuk bergabung menggunakan tautan, siapa saja dari organisasi Anda dapat Mengizinkan atau Menolak akses (kecuali yang menggunakan perangkat seluler).
  • Tamu tak diundang yang meminta untuk bergabung mungkin menunggu hingga 10 menit sampai peserta dalam organisasi Anda menerima mereka dalam panggilan.
  • Pengguna yang diundang tidak perlu diterima untuk bisa bergabung dalam rapat.
    Jika peserta eksternal akan terputus sambungannya, mereka dapat bergabung lagi tanpa harus meminta akses.
  • Administrator G Suite juga dapat mengizinkan tamu eksternal untuk meminta bergabung secara default menggunakan tautan rapat.
  • Semua peserta dalam organisasi Anda juga dapat Mengeluarkan peserta. Peserta yang dikeluarkan harus diundang lagi agar bisa bergabung kembali.

Pengguna eksternal diundang

Invited guests only

Bila ikon ini muncul

  • Seseorang di luar organisasi Anda diundang ke video call.
  • Seseorang di luar organisasi Anda diundang ke acara hosting video call Kalender.
  • Siapa saja dalam organisasi Anda dapat bergabung dengan rapat.
  • Tamu tak diundang tidak dapat bergabung menggunakan URL rapat.
  • Pengguna eksternal harus masuk ke Akun Google (seperti Gmail), dan bergabung menggunakan alamat email yang sama dengan yang digunakan dalam undangan (mereka tidak dapat bergabung menggunakan akun lain).



Mengundang seseorang dalam organisasi Anda ke panggilan :


Untuk memastikan agar panggilan terbatas untuk orang-orang dalam organisasi Anda, centang ikon hanya tamu internal Internal guests only di pojok kanan atas jendela video call.

Memulai video call baru

  1. Di komputer Anda, buka Hangouts di hangouts.google.com atau Gmail.
  2. Untuk setiap orang dalam grup Anda, ketik nama mereka dan centang kotak di depan namanya.
  3. Klik ikon video .

Mengundang ke video call yang sudah ada

  1. Di bagian atas jendela video call, klik ikon undang orang Invite people.
  2. Masukkan nama atau alamat email seseorang.
  3. Klik Undang.

Jadwalkan video call dengan Google Kalender

Anda dapat membuat acara Kalender dan menyertakan video call bernama, yang dapat dihadiri oleh semua peserta pada waktu yang dijadwalkan. Hanya undang orang dalam organisasi Anda ke acara Kalender.


Mengundang seseorang di luar organisasi Anda ke panggilan :


Menjadwalkan video call dengan Google Kalender

Anda dapat membuat acara Kalender dan menyertakan video call bernama, yang dapat dihadiri oleh semua peserta pada waktu yang dijadwalkan. Undang siapa saja di dalam atau di luar organisasi Anda ke acara Kalender.

Siapa saja di luar organisasi Anda dapat meneruskan tautan rapat ke orang lain, yang mungkin menggunakannya untuk meminta akses. Jika orang tak diundang mencoba untuk bergabung menggunakan tautan rapat, Anda atau siapa saja di dalam organisasi dapat mengeklik Izinkan atau Tolak. Tamu eksternal yang bergabung menggunakan tautan tidak memerlukan akun Google. Mereka dapat hadir dan berpartisipasi dalam video call, tetapi berbagai fitur lainnya, seperti chat teks dan aplikasi Hangout tidak akan tersedia bagi mereka.

Catatan: Pengguna Google Kalender akan melihat tautan video call dalam acara kalender (bidang Video call). Para undangan yang tidak menggunakan Google Kalender akan melihat tautan video call dalam deskripsi acara.

Tips: Anda dapat mencegah tamu tak diundang agar tidak meminta akses setelah rapat dimulai dengan mengeklik ikon bergabung dengan tautan Join with link > Ubah > [Organisasi Anda] dan orang yang diundang.

Mengundang ke video call yang sudah ada

  1. Di bagian kanan atas jendela video call, klik ikon hanya tamu internal saja Internal guests only.
  2. Klik Ubah.
  3. Di bawah "Izinkan orang di luar [organisasi Anda]?," klik Izinkan. Rapat akan berubah ke Bergabung dengan tautan Join with link.
  4. (Opsional) Untuk hanya mengizinkan pengguna yang diundang dan melarang siapa pun bergabung dari tautan, klik Ubah > organisasi Anda dan orang yang diundang. Rapat akan diubah ke Pengguna eksternal diundang Invited guests only. Pada bagian "Kirim undangan", masukkan nama atau alamat email orang tersebut. Siapa saja di luar organisasi Anda harus memiliki Akun Google (seperti dengan Gmail) untuk bergabung ke dalam Hangout.
  5. Klik Tutup.

Catatan: Jika Anda mengizinkan seseorang di luar organisasi untuk bergabung dengan panggilan, Anda tidak dapat mengubah kembali ke rapat khusus organisasi. Anda harus memulai video call baru.


Mengundang peserta telepon ke video call :

Anda dapat mengundang orang ke video call dengan menghubungi nomor ponsel atau nomor telepon rumahnya. Orang itu tetap dapat ikut serta dalam diskusi tanpa harus tampil di kamera.

  1. Mulai Hangout video call.
  2. Klik Invite people.
  3. Klik Tambahkan nomor telepon.
  4. Setuju dengan persyaratan, jika perlu.
  5. Masukkan nomor telepon dan klik Panggil.
  6. Orang tersebut akan ditambahkan ke video call saat mereka menjawab telepon.

Jika tidak melihat opsi Tambahkan nomor telepon, Anda mungkin berada di negara yang belum mendukung fitur ini, atau administrator G Suite mungkin perlu mengaktifkan Google Voice.


Mengaktifkan atau mennontaktifkan akses URL tamu eksternal :

Untuk mengubah cara tamu tak diundang dapat mengakses video call setelah rapat dimulai:

  1. Dalam video call, pilih undang orang Invite people.
  2. Pilih Ubah dan kemudian pilih opsi:
    • Join with link Siapa pun yang memiliki tautan
    • Invited guests only Organisasi Anda dan orang yang diundang
  3. Pilih Tutup.

Catatan: Jika peserta di luar organisasi Anda diizinkan untuk bergabung dengan panggilan, Anda tidak dapat mengubahnya kembali ke rapat khusus organisasi. Anda harus memulai video call baru.


Mengundang tamu menggunakan Chromebox untuk rapat :

Video call Chromebox untuk rapat pada dasarnya adalah Hangout yang ditampilkan di monitor.

Anda dapat membuat acara dan menambahkan tamu ke dalam video call Chromebox untuk Rapat dengan cara yang sama seperti saat mengundang ke Hangout. Para tamu dapat bergabung dengan video callmenggunakan Chromebox, komputer, atau perangkat seluler, sama seperti video call lainnya.

Bergabung dengan video call di luar organisasi Anda

Anda juga dapat menggunakan Chromebox untuk rapat untuk bergabung ke dalam Hangout di luar organisasi.

Hadir melalui laptop

Tamu di ruang rapat dapat hadir melalui laptop mereka sendiri dengan mengetik g.co/present/domain/meeting-name dalam browser web. 
Sebagai contoh: g.co/present/solarmora.com/meeting1

Pelajari lebih lanjut.

Tautan terkait


Bergabung ke video call : 

Bergabung dengan video call dalam organisasi Anda

  1. Pada komputer, buka g.co/hangouts.
  2. Pada bidang teks "Masukkan nama Hangout", masukkan nama video call.
  3. Klik ikon lanjutkan .

Bergabung dengan video call di luar organisasi Anda

  1. Pada komputer, buka g.co/hangouts.
  2. Pada bidang teks "Masukkan nama Hangout", masukkan domain organisasi host dan nama video call, yang diformat sebagai domain-name.com/meeting-name. Sebagai contoh: solarmora.com/meeting1.
  3. Klik ikon lanjutkan .
  4. Anda hanya akan dapat bergabung dengan panggilan jika host telah menyetel rapat ke Bergabung dengan tautan Join with link. Siapa saja dari organisasi host dapat Mengizinkan atau Menolak akses Anda ke panggilan.