Untuk menggunakan Gmail dengan G Suite, Anda harus mengonfigurasikan data MX untuk mengarahkan aliran email ke server email Google. Anda mengonfigurasikan data MX menggunakan alat administrasi di host domain, bukan konsol Google Admin. Langkah-langkah yang tepat untuk host Anda mungkin berbeda-beda. Di bawah ini, Anda dapat menemukan langkah-langkah umum yang berlaku untuk host mana pun serta petunjuk tertentu untuk beberapa host populer.

Jika Anda membeli domain dari mitra Google saat mendaftar ke G Suite, Anda tidak perlu mengonfigurasikan data MX seperti yang dijelaskan di sini karena kami sudah mengonfigurasikannya untuk Anda.


Sebelum mengubah data MX, lihat kiat ini untuk mencegah pesan keluar.


Mengonfigurasikan data MX (langkah-langkah khusus host)

 

Sebelum mengikuti langkah-langkah umum kami, lihat apakah Anda dapat menemukan langkah-langkah yang spesifik untuk host domain..

Mengonfigurasikan data MX (langkah-langkah umum)

 

  1. Masuk ke akun domain di host domain Anda.
  2. Temukan laman untuk memperbarui data DNS domain Anda.

    Laman mungkin bernama sesuatu seperti Pengelolaan DNSPengelolaan Server Nama, atau Setelan Lanjutan.

  3. Temukan data MX untuk domain Anda. Anda mungkin sudah memiliki satu atau beberapa data MX yang mirip:
    Nama/Host/Alias Time to Live (TTL) Jenis Data Prioritas Nilai / Jawaban / Tujuan
    Kosong atau @ 86400 MX 10 mai11.example.com
    Kosong atau @ 86400 MX 20 mail2.example.com
  4. Perbarui data MX yang ada untuk mengarahkan ke server email Google dengan memasukkan nilai data MX ini. Jika perlu, buat data MX baru untuk menyertakan data untuk setiap server yang tercantum di laman ini.
  5. Hapus data MX yang tidak mengarah ke server kami, atau beri data tersebut prioritas lebih rendah daripada data server Google.
  6. Simpan perubahan dan tunggu sampai diterapkan.

Perubahan data MX dapat membutuhkan waktu hingga 72 jam sampai diterapkan, tetapi biasanya berlangsung jauh lebih cepat.

Butuh bantuan? Untuk memulai, lihat Memecahkan masalah data MX. Jika Anda tetap butuh bantuan setelah itu, atau jika Anda tidak dapat mengakses DNS domain, hubungi host domain Anda secara langsung untuk mendapatkan bantuan.