Anda dapat menelusuri pesan yang dikirim dan diterima menggunakan Penelusuran Log Email. Anda dapat menyesuaikan penelusuran dengan kriteria tertentu, termasuk alamat IP atau header ID pesan. Misalnya, jika menelusuri menurut alamat email penerima, Anda hanya akan melihat aktivitas pengiriman yang dikaitkan dengan pengguna tersebut, bukan semua orang dalam untaian.

Untuk hasil penelusuran terbaik, pastikan Anda memilih rentang tanggal dan waktu paling ketat serta hanya memasukkan 1 pengirim atau penerima.

Catatan: Anda mungkin perlu menunggu hingga satu jam agar hasil penelusuran ditampilkan.

Pelajari lebih lanjut tentang penggunaan alat tersebut.

Hanya tersedia untuk G Suite Business dan G Suite. Alat tidak tersedia untuk pengecer saat mengakses domain Konsol Admin yang dijual kembali menggunakan konsol pengecer.​

Menemukan pesan

  1. Masuk ke Konsol Google Admin Anda.

    Masuk menggunakan akun administrator (bukan yang diakhiri dengan @gmail.com).

  2. Klik Laporan.
  3. Di bagian kiri, klik Audit berikutnya Penelusuran Log Email.
  4. Pilih rentang tanggal menggunakan daftar tarik-turun, atau tentukan rentang menggunakan kalender. Rentang dibatasi hingga 30 hari terakhir.
  5. (Opsional) Jika Anda ingin menentukan rentang tanggal sekaligus rentang waktu, masukkan waktu mulai dan berakhir yang berbeda untuk rentang tanggal. Waktu yang ditampilkan menunjukkan zona waktu komputer yang Anda gunakan untuk masuk ke Konsol Admin dan menjalankan laporan.
  6. (Opsional) Masukkan kriteria penelusuran di salah satu bidang berikut:
    • Pengirim dan Penerima—Masukkan alamat email pengirim atau penerima yang lengkap atau sebagian.
    • IP Pengirim dan IP Penerima—Masukkan alamat IP pengirim atau penerima. Pastikan alamat IP tersebut adalah alamat IP yang benar, atau permintaan akan gagal.
    • ID Pesan—Masukkan pengidentifikasi pesan unik yang ada di header pesan. Jika Anda memasukkan ID pesan dan menentukan rentang waktu (seperti yang dijelaskan di langkah 5), penelusuran akan mengganti rentang waktu dan mengembalikan hasil untuk semua hari terkait ID pesan tersebut.

      Lihat Header pesan untuk petunjuk tentang cara menemukan header pesan dengan penyedia email yang berbeda.

  7. Klik Telusuri. Diperlukan waktu hingga beberapa menit agar kueri dijalankan.

    Catatan: Penelusuran menampilkan 1000 pesan pertama yang cocok dengan kriteria.

Langkah berikutnya

Di daftar hasil penelusuran, Anda dapat:

  • Menggunakan panah di bagian atas daftar untuk bernavigasi melalui laman hasil.
  • Mengunduh hasil penelusuruan, atau mengekspornya ke Google Spreadsheet dengan mengeklik Unduh Unduh di bagian atas. Anda hanya akan melihat Unduh jika hasil menampilkan data yang dapat diekspor. Bergantung pada jumlah data, mungkin perlu beberapa waktu sebelum file siap untuk dibuka. Jika mengunduh hasil sebagai file CSV, Anda dapat memilih editor spreadsheet yang ingin digunakan.
  • Klik subjek atau ID pesan untuk melihat detail pesan. Pelajari tentang melihat detail hasil Penelusuran Log Email.