Untuk mempertahankan agar layanan email tetap aman dan terjamin, kami menggunakan penandatanganan DKIM untuk semua email. Kami kini menandatangani semua lalu lintas email yang tidak ditandatangani dengan DKIM yang berasal dari domain Google Cloud dengan d=*.gappssmtp.com. Hal ini seharusnya tidak menyebabkan masalah pengiriman email apa pun. Jika email ditolak, yang biasanya amat jarang terjadi, hubungi administrator server yang menerima. Secara khusus, sarankan pada penerima untuk tidak menolak email berdasarkan tidak adanya tanda tangan DKIM atau tanda tangan DKIM yang tidak dapat diverifikasi. Lihat RFC 4871. Untuk mencegah masalah apa pun, sebaiknya tambahkan tanda tangan DKIM Anda sendiri ke email.

Untuk mulai menandatangani pesan email dengan kunci domain:

  1. Akun Anda saat ini noval.yulyar@eikontechnology.com tidak memiliki izin untuk melakukan langkah ini. Untuk melanjutkan, Anda harus beralih ke akun administrator. Tindakan ini akan membuka Konsol admin Google.

    Beralih ke akun administrator sekarang atau Pelajari lebih lanjut.

  2. Dari dasbor Konsol admin, buka AppsberikutnyaG SuiteberikutnyaGmail.
  3. Klik Autentikasi email.
  4. Pilih domain yang emailnya ingin Anda tanda tangani dengan kunci domain.

    Laman ini menunjukkan status kunci domain untuk domain yang dipilih.

  5. Klik Mulai autentikasi.

    Anda hanya dapat mengaktifkan autentikasi DKIM setelah memperbarui catatan DNS untuk domain. G Suite mencoba untuk memverifikasi keberadaan kunci domain DKIM, dan menampilkan pesan peringatan jika tidak mampu melakukannya. Anda mungkin perlu menunggu agar pembaruan data DNS diterapkan (bisa jadi hingga 48 jam).

  6. Kirim email untuk mengonfirmasi bahwa penandatanganan DKIM aktif.

    Kirim email ke seseorang yang menggunakan Gmail atau G Suite dan tinjau pesan di kotak masuk penerima. Klik Tampilkan detail dan periksa apakah baris 'ditandatangani oleh' menunjukkan nama domain Anda seperti di contoh berikut. (Perhatikan bahwa Anda tidak dapat melakukan uji coba ini dengan mengirim pesan uji coba kepada diri sendiri.)

Contoh: Tanda Tangan DKIM: v=1; a=rsa-sha256; c=relaxed/relaxed; d=mydomain.com; s=google;

dengan 'd' merupakan domain pengirim dan 's' adalah domain yang menandatangani.