Abaikan laman ini jika Anda membeli domain dari salah satu mitra host domain kami saat mendaftar ke G Suite. Dalam kasus tersebut, Google akan menambahkan data DNS yang diperlukan secara otomatis saat Anda mengaktifkan autentikasi (diperlukan waktu hingga 48 jam).

Menambahkan kunci domain ke data DNS domain Anda:

  1. Masuk ke konsol administrator yang disediakan oleh penyedia domain Anda.
  2. Temukan laman tempat Anda dapat memperbarui data DNS.

    Menambahkan kunci domain untuk subdomain? Jika host domain Anda tidak mendukung pembaruan data DNS untuk subdomain, tambahkan data ke domain induk. Lihat Memperbarui data DNS untuk subdomain.

  3. Buat data TXT yang berisi nama dan nilai dari Konsol Admin Google.

    Informasi yang Anda perlukan untuk membuat data TXT akan muncul di kotak teks pada laman Autentikasikan emaildi Konsol admin Google.

    Pencatatan domain lain menggunakan nama yang berbeda untuk bidang yang terkait dengan data TXT. Misalnya, GoDaddy menyebut bidang tersebut dengan "TXT Name" dan "TXT Value", sementara Name.com menyebut bidang yang sama dengan "Record Host" dan "Record Answer". Terlepas dari penyedia apa pun yang Anda gunakan, masukkan teks di bawah nama Host DNS (nama data TXT) ke dalam bidang pertama dan teks di bawah nilai data TXTke dalam bidang kedua.

    • Jika host domain Anda adalah EasyDNS, tambahkan periode dan nama domain Anda ke bagian akhir nilai nama Host DNS (nama data TXT). Nilai yang Anda masukkan harus memiliki bentuk google._domainkey.domain_Anda.com, dengan domain_Anda.com sebagai nama domain Anda.

    • Jika penyedia domain mendukung panjang kunci domain 2048 bit namun membatasi ukuran nilai data TXT menjadi 255 karakter, Anda tidak dapat memasukkan kunci DKIM sebagai entri tunggal dalam data DNS. Jika demikian, bagi kunci menjadi beberapa string teks yang diberi tanda kutip dan masukkan seluruhnya dalam bidang nilai data TXT. Misalnya, bagi kunci DKIM menjadi dua bagian sebagai berikut:

      "v=DKIM1; k=rsa; p=MIIBIjANBgkqhkiG9w0BAQEFAAOCAQ8AMIIBCgKCAQEAraC3pqvqTkAfXhUn7Kn3JUNMwDkZ65ftwXH58anno/bElnTDAd/idk8kWpslrQIMsvVKAe+mvmBEnpXzJL+0LgTNVTQctUujyilWvcONRd/z37I34y6WUIbFn4ytkzkdoVmeTt32f5LxegfYP4P/w7QGN1mOcnE2Qd5SKIZv3Ia1p9d6uCaVGI8brE/7zM5c/"

      "zMthVPE2WZKA28+QomQDH7ludLGhXGxpc7kZZCoB5lQiP0o07Ful33fcED73BS9Bt1SNhnrs5v7oq1pIab0LEtHsFHAZmGJDjybPA7OWWaV3L814r/JfU2NK1eNu9xYJwA8YW7WosL45CSkyp4QeQIDAQAB"

    Guna mendapatkan petunjuk mendetail tentang membuat data TXT, termasuk petunjuk khusus untuk host domain populer, lihat Membuat data TXT. Lihat artikel ini untuk batasan terkait beberapa host domain.
  4. Simpan perubahan Anda.