Sebaiknya buat data Sender Policy Framework (SPF) untuk domain Anda. Data SPF adalah jenis data Domain Name Service (DNS) yang mengidentifikasi layanan email mana yang diizinkan untuk mengirimkan email atas nama domain Anda.

Tujuan dari data SPF adalah untuk mencegah pengirim spam mengirimkan pesan dengan memalsukan alamat Dari pada domain Anda. Penerima dapat merujuk ke data SPF untuk menentukan apakah pesan yang mengaku dari domain Anda berasal dari server email resmi.

Misalnya, domain example.com Anda menggunakan Gmail. Anda membuat data SPF yang mengidentifikasikan server email G Suite sebagai server email yang diotorisasi untuk domain Anda. Saat server email penerima menerima pesan dari user@example.com, penerima dapat memeriksa data SPF untuk example.com agar dapat menentukan sah atau tidaknya pesan tersebut. Jika pesan berasal dari server selain server email G Suite yang tercantum dalam data SPF, server email penerima dapat menolaknya sebagai spam.

Jika domain Anda tidak memiliki data SPF, beberapa domain penerima dapat menolak pesan dari pengguna Anda karena pengguna tidak dapat memvalidasi bahwa pesan tersebut berasal dari server email yang diotorisasi.

Jika sudah menyetel data SPF untuk domain, berarti Anda telah menetapkan server Google dalam data SPF.

Data SPF untuk gerbang keluar

Jika memutuskan untuk mengaktifkan fitur gerbang email, Anda akan perlu memastikan server Google dan alamat server SMTP gerbang keluar disertakan dalam data SPF.

 

Catatan: Jika Anda membeli domain dari salah satu mitra pendaftaran kami saat mendaftar G Suite, Google tidak mempublikasikan data SPF untuk domain.

Catatan: Jika memiliki data SPF yang ada, Anda dapat memperbaruinya untuk mengotorisasi server email tambahan. Hati-hati jangan sampai membuat lebih dari satu data SPF - hanya perbarui data yang ada. Lebih dari satu data SPF tidak disarankan dan akan menyebabkan masalah autorisasi. Lihat Menambahkan data SPF untuk informasi lebih lanjut.

Lihat Autentikasi email dengan kunci domain dan Memahami DMARC untuk langkah-langkah anti-spoofing lainnya yang tersedia bagi Anda melalui Google.