Perutean default merupakan salah satu dari beberapa opsi di laman "Setelan email" untuk mengelola perutean dan pengiriman email. Fitur ini memungkinkan Anda menyiapkan kebijakan perutean seluruh domain yang mencakup satu atau beberapa setelan. Setelan tersebut berlaku hanya untuk pesan masuk.


Catatan: Kontrol perutean default hanya tersedia untuk pelanggan G Suite dan G Suite for Education.


Untuk menyiapkan setelan perutean, tentukan alamat penerima, lalu tentukan tindakan yang harus dilakukan pada email yang ditujukan untuk penerima tersebut. Jika menyiapkan beberapa setelan perutean, Anda dapat mengurutkan aturan sesuai prioritas (lihat Mengatur setelan perutean Anda).

Manfaat penting dari Perutean default adalah guna menyiapkan pengiriman terpisah untuk merutekan pengguna G Suite yang tidak terdaftar ke server email milik Anda. Hal ini berguna saat memindahkan pengguna dari server email lawas ke G Suite. Anda juga dapat menggunakan Perutean default untuk menetapkan satu akun pengguna yang sudah ada sebagai alamat penampung-semua guna menerima pesan yang ditujukan kepada pengguna yang tidak ada di domain Anda.

Setelah Anda mengonfigurasi setelan Gmail lanjutan, diperlukan waktu hingga satu jam untuk menerapkan konfigurasi tersebut ke setiap akun pengguna. Anda dapat melacak perubahan sebelumnya pada Log audit konsol admin

Untuk informasi selengkapnya tentang mengonfigurasi pengiriman terpisah, alamat penampung-semua, dan opsi perutean lainnya, lihat Mengelola perutean dan pengiriman email: Pedoman dan praktik terbaik.

Catatan: Setelan Gmail lanjutan lainnya (misalnya, Kepatuhan konten atau Kepatuhan lampiran) akan lebih diutamakan daripada Perutean default.

Mengonfigurasi setelan Perutean default untuk domain

 

  1. Masuk ke Konsol Google Admin.
  2. Klik Aplikasi, kemudian klik G Suite > Gmail.
  3. Klik Perutean default.
  4. Klik Tambahkan setelan.
  5. Dari daftar tarik-turun, tentukan penerima amplop yang akan dicocokkan. Pilih salah satu dari pilihan berikut:
    • Penerima tunggal—Tentukan satu penerima dengan mengetikkan sebuah alamat email; contoh, jjsmith@solarmora.com.
    • Pencocokan pola—Ketik ekspresi reguler untuk menetapkan kumpulan penerima di domain Anda.
    • Keanggotaan grup:—Pilih salah satu atau beberapa grup di daftar. (Catatan: Buat grup dari tab Grup).
    • Semua penerima:—Tentukan semua penerima di domain Anda. Secara default, ini hanya memengaruhi alamat yang tidak dikenal.
  6. Dalam bagian Jika penerima amplop sesuai dengan yang di atas, lakukan hal berikut, tentukan tindakan yang akan dilakukan pada pesan jika memenuhi syarat untuk setelan perutean. Anda memiliki dua opsi di daftar tarik-turun: Tolak pesan atau Ubah pesan.

    Tolak pesan

    Opsi ini akan menolak pesan sebelum menjangkau penerima yang dituju. Anda dapat memasukkan teks yang disesuaikan untuk pemberitahuan penolakan. Catatan: Setelan perutean apa pun dengan tindakan yang ditentukan ini otomatis ditempatkan pada bagian atas daftar prioritas Perutean default (lihat Mengurutkan setelan perutean Anda).

    Ubah pesan

    Opsi ini memungkinkan Anda mengubah pesan dengan menambahkan header (tajuk), mengubah rute, mengubah penerima amplop, menambahkan penerima lainnya (rute tambahan atau sekunder), dan menghapus lampiran.

    Lihat penjelasan berikut untuk detail selengkapnya tentang kontrol perutean:

Tambahkan header X-Gm-Original-To

 

Dengan mencentang kotak ini, tag header akan ditambahkan kalau-kalau penerima diubah sehingga server hilir dapat mengetahui penerima amplop asli; misalnya, X-Gm-Original-To: jjsmith@solarmora.com.

Menambahkan tajuk X-Gm-Original-To berguna jika Anda merutekan ulang salinan pesan ke penerima lainnya. Pada kasus ini, Anda mengubah alamat penerima, tetapi penerima baru ingin mengetahui alamat penerima amplop awal. Penerima baru dapat melihat penerima amplop awal dengan memeriksa kotak tajuk X-Gm-Original-To pada pesan.

Tambahkan tajuk X-Gm-Spam dan tajuk X-Gm-Phishy

 

Pesan yang dirutekan melalui Gmail secara otomatis difilter untuk menghindari spam dan phishing. Memilih Tambahkan tajuk X-Gm-Spam dan tajuk X-Gm-phishy akan menambahkan tajuk berikut untuk menunjukkan status spam dan phishing pada pesan:

Untuk spam

0 menunjukkan bahwa pesan bukan spam: X-Gm-Spam: 0

1 menunjukkan bahwa pesan merupakan spam: X-Gm-Spam: 1

Untuk phishing

0 menunjukkan bahwa pesan bukan phishing: X-Gm-Phishy: 0

1 menunjukkan bahwa pesan merupakan phishing: X-Gm-Phishy: 1

Catatan: Setiap pesan yang ditandai sebagai phishy secara otomatis ditandai sebagai spam.

Memilih opsi Tambahkan tajuk X-Gm-Spam dan tajuk X-Gm-Phishy memungkinkan administrator pada server hilir menyiapkan aturan yang menangani spam dan phishing secara berbeda dari email bersih.

Tambahkan header khusus

 

Anda dapat menambahkan satu atau beberapa header khusus pada pesan yang dipengaruhi oleh setelan Perutean penerimaan, Perutean pengiriman, atau setelan lainnya. Misalnya, Anda dapat menambahkan header yang cocok dengan deskripsi yang dimasukkan untuk setelan tersebut. Ini dapat berguna untuk menganalisis penyebab pesan dirutekan dalam cara tertentu atau mengapa filter terpicu.

Bubuhkan subjek khusus di awal

 

Anda dapat memasukkan string untuk menambah subjek pesan. Contoh, jika Anda memasukkan Rahasia, penerima pesan dapat melihat subjek berikut: [Rahasia] Laporan bulanan.


Ubah rute dan Rutekan ulang spam

 

Ubah rute
Opsi Ubah rute memungkinkan Anda mengubah tujuan pesan. Secara default, server email Gmail adalah lokasi pengiriman utama. Namun, Anda dapat mengubah lokasi pengiriman; misalnya, dengan merutekan email ke server email milik sendiri seperti Microsoft Exchange.

Sebelum dapat mengubah lokasi pengiriman, Anda harus menambahkan rute email dengan tab Hostterlebih dahulu. Rute yang Anda tambahkan pada tab Host akan terlihat dalam daftar tarik-turun rute.

Rutekan ulang spam
Opsi Rutekan ulang spam terlihat bila Anda mencentang kotak Ubah ruteRutekan ulang spammemungkinkan Anda merutekan semua email yang cocok dengan kriteria setelan, termasuk email yang sudah ditandai sebagai spam. Jika Anda mencentang kotak Ubah rute namun tidak mencentang kotak Rutekan ulang spam, email biasa akan dirutekan ulang namun email spam tidak dirutekan ulang (pesan spam disimpan di platform G Suite selama 30 hari).

Catatan:

  • Baik Anda mencentang kotak Rutekan ulang spam atau tidak, spam yang mencolok tidak akan dirutekan ulang karena langsung dihapus pada saat pengiriman.
  • Jika email diklasifikasikan sebagai spam, tetapi salah satu setelan email G Suite menimpanya (misalnya, karena daftar putih pengirim), email tersebut tidak dianggap sebagai spam untuk tujuan ini dan akan dirutekan ulang sebagai email biasa.

Ubah penerima amplop

 

Untuk mengubah penerima amplop, klik opsi di samping bidang Ganti penerima, lalu masukkan alamat email pengguna; misalnya, jjsmith@solarmora.com.

Mengubah penerima amplop untuk pesan pada pengiriman utama sama dengan meneruskan pesan ke penerima lain. Anda juga dapat mengubah penerima amplop pada pengiriman tambahan (sekunder), yang serupa dengan "bcc".

Abaikan filter spam untuk pesan ini

 

Pilih opsi ini untuk mengirim pesan masuk kepada penerima meskipun filter spam mengidentifikasi pesan tersebut sebagai spam.

Hapus lampiran dari pesan ini

 

Pilih opsi ini untuk menghapus lampiran dari pesan. Anda pun bebas menambahkan teks untuk memberi tahu penerima bahwa lampiran telah dihapus.

Menambahkan penerima lainnya

 

Centang kotak Tambahkan penerima lainnya untuk menyiapkan pengiriman tambahan (atau sekunder) untuk pengiriman ganda atau beberapa pengiriman.

Pilih Dasar dari daftar tarik-turun untuk menambahkan alamat email satu per satu, kemudian klik Simpan. Anda dapat menambahkan beberapa alamat penerima dengan mengeklik Tambahkan.

Pilih Lanjutan dari daftar tarik-turun untuk memilih opsi lanjutan untuk pengiriman sekunder. Serupa dengan setelan yang Anda ubah pada pengiriman utama, Anda dapat mengubah penerima amplop, menambahkan header, menambahkan awalan subjek khusus, dan menghapus lampiran untuk pengiriman sekunder.

Catatan:
Setiap setelan yang dikonfigurasi untuk pengiriman utama juga memengaruhi pengiriman sekunder. Misalnya, jika Anda mengubah penerima amplop, menambahkan awalan subjek khusus, dan menambahkan header khusus pada pengiriman utama, konfigurasi yang sama berlaku pada pengiriman sekunder.

Untuk pengiriman sekunder, kotak Jangan kirim spam ke penerima ini dan Tahan pentalan dari penerima ini dicentang secara default. Tahan pentalan dari penerima ini mencegah pentalan agar tidak kembali ke pengirim awal.


7. Di bagian Opsi, pilih apakah akan melakukan tindakan hanya pada alamat yang tidak dikenali atau tidak. Anda juga dapat memilih alamat yang dikenal dan tidak dikenal.

    Catatan: Pengguna yang ditangguhkan dianggap sebagai pengguna yang tidak dikenal.

8. Klik Simpan > Simpan perubahan di bagian bawah laman "Setelan email".


Mengurutkan setelan perutean

 

Tab Perutean default memungkinkan Anda mengonfigurasi beberapa setelan perutean untuk domain Anda. Setiap setelan perutean menentukan penerima serta&bsp;tindakan yang akan dilakukan pada setiap email yang ditujukan untuk penerima tersebut.

Laman "Perutean default" menampilkan daftar setelan. Untuk menyesuaikan setelan, klik Edit. Untuk menghapus setelan, sorot kotak centang di sebelah kiri kolom, lalu klik Hapus. Anda juga dapat menyesuaikan urutan (atau prioritas) setelan di laman ini.

Catatan: G Suite menerapkan semua setelan perutean yang Anda tentukan untuk pesan masuk yang terpengaruh. Jika dua setelan bentrok, G Suite menerapkan setelan dengan prioritas yang lebih tinggi dan mengabaikan setelan bentrok prioritas yang lebih rendah. Namun, setelan apa pun yang menentukan Tolakditetapkan sebagai prioritas tertinggi secara otomatis, meskipun Anda menetapkan angka prioritas yang lebih tinggi untuk setelan lain.

  1. Untuk menetapkan prioritas pertama (tertinggi) ke setelan perutean, di kolom Urutan, ketik 1 di sebelah setelan.
  2. Klik di mana saja di laman Perutean default untuk menyimpan perubahan.
  3. Ulangi langkah tersebut untuk menetapkan angka prioritas lainnya, seperti 2 atau 3.

Untuk detail dan petunjuk selengkapnya, lihat Mengelola perutean dan pengiriman email: Pedoman dan praktik terbaik.