Jika tidak ingin menggunakan layanan Google dengan domain primer lagi, hapus Akun Google domain Anda. Anda juga harus menghapus akun tersebut untuk menambahkan domain ke Akun Google lain.

Gangguan layanan. Pertimbangkan untuk melakukan prosedur ini apabila jumlah masa tidak aktif yang diperpanjang tidak akan mengganggu bisnis Anda. Kegagalan mungkin terjadi karena proses yang rumit, dan Anda mungkin harus memulai ulang.

Sebelum menghapus akun Anda. Menghapus Akun Google akan menghapus akses ke informasi penagihan. Sebaiknya selesaikan masalah pembayaran apa pun dan cetak atau ekspor faktur apa pun yang ingin disimpan.

Tonton video

https://www.youtube.com/watch?v=UGWK6bPyz68


Menghapus Akun Google

Untuk menghapus Akun Google domain primer, Anda harus menghapus email, kontak, dokumen, dan data pengguna lainnya. Semua data dihapus secara permanen dari server Google berdasarkan Kebijakan Privasi Google. Untuk menyimpan data ini, Anda dapat mengekspornya sebelum menghapus akun.

  1. Akun Anda saat ini noval.yulyar@eikontechnology.com tidak memiliki izin untuk melakukan langkah ini. Untuk melanjutkan, Anda harus beralih ke akun administrator. Tindakan ini akan membuka Konsol admin Google.

    Beralih ke akun administrator sekarang atau Pelajari lebih lanjut.

  2. Ekspor semua data pengguna yang ingin disimpan.
  3. Hapus semua pengguna, kecuali satu akun administrator.
  4. Hapus semua domain dan alias domain (kecuali domain primer).
  5. Jika Anda membeli domain saat mendaftar ke Google Apps, transfer domain ke host domain lainnya.
  6. Nonaktifkan kunci konsumen OAuth.

    Buka Keamanan > Setelan Lanjutan > Kelola kunci domain OAuth dan hapus centang Aktifkan kunci konsumen ini.

  7. Hapus aplikasi Marketplace apa pun.
  8. Batalkan langganan Google Apps dan semua langganan Google lainnya yang terkait dengan domain Anda.

    Catatan: Setelah membatalkan langganan, Anda bisa jadi keluar dari akun Anda. Jika demikian, harap masuk lagi. Persyaratan Layanan baru akan ditampilkan.

  9. Minta pengembalian dana kredit yang tersisa setelah membatalkan langganan Anda.
  10. Unduh atau cetak faktur yang ingin disimpan.
  11. Hapus akun Anda.

    Buka Profil perusahaan > Profil > Penghapusan akun dan klik Hapus akun ini. (Opsi ini tidak tersedia jika Anda belum membatalkan langganan.)

  12. Klik Lanjutkan.

Anda mungkin harus menunggu hingga 24 jam sebelum dapat menggunakan domain ini dengan Akun Google lain. Jika akun ini dibeli dari pengecer, Anda mungkin harus menunggu hingga 7 hari.

Menghapus email bisnis yang diberdayakan oleh Google Apps for Work

Apakah Anda membuat Akun Google dengan mendaftar ke email bisnis yang diberdayakan oleh Google Apps for Work, lalu membuka kunci beberapa fitur tambahan? Saya tidak yakin.

Jika menghapus Akun Google setelah membuka kunci beberapa fitur, Anda akan kehilangan akses ke akun Gmail pribadi yang biasa digunakan untuk mendaftar ke layanan. Pelajari tentang membuka kunci beberapa fitur tambahan.

Cara mempertahankan domain

  • Jika Anda membeli domain saat mendaftar ke layanan email bisnis dan menghapus Akun Google, Anda tetap dapat mempertahankan kepemilikan domain. Cukup transfer domain ke pengguna atau akun Google lain, menggunakan Google Domain. Pelajari cara mentransfer domain dengan Google Domain.
  • Jika Anda membeli domain melalui host domain lain, menghapus Akun Google tidak akan memengaruhi kepemilikan domain.

Menyelesaikan masalah akun pengguna yang bentrok

Jangan hapus domain Akun Google untuk mengatasi masalah akun pengguna yang bentrok, terutama jika orang tersebut menggunakan layanan Google. Sebagai gantinya, lihat cara menyelesaikan masalah akun bentrok.