Agar sistem kami tetap berjalan dengan baik dan akun Anda tetap aman, G Suite membatasi jumlah email yang dapat dikirim seorang pengguna. Batas ini mencakup jumlah pesan yang dikirim per hari dan jumlah penerima per pesan.

Jika pengguna Anda melebihi batas pengiriman email G Suite, pesan kesalahan akan muncul, seperti:

- Anda telah mencapai batas pengiriman email.

- Anda mencapai batas pengiriman Gmail.

- Anda melampaui jumlah penerima maksimum.

Setelah mencapai salah satu dari batas ini, pengguna tidak dapat mengirim pesan baru selama 24 jam. Namun, mereka masih dapat mengakses akun G Suite dan menerima email masuk. Pengguna juga dapat mengakses layanan Google lain. Setelah masa penangguhan ini, batas pengiriman secara otomatis disetel ulang dan pengguna dapat kembali mengirim email.

Batas pengiriman

Batas pengiriman dapat berubah tanpa pemberitahuan. Batas per hari berlaku untuk periode 24 jam berjalan, bukan ditetapkan berdasarkan waktu tertentu dalam sehari.

Catatan: Batas pengiriman berbeda jika organisasi Anda menggunakan layanan relai SMTP untuk merutekan email keluar melalui Google. Lihat batas pengiriman untuk layanan relai SMTP.

Jenis batas Batas
Pesan per hari
Batas pengiriman harian*
2.000 (500 untuk akun percobaan)
Pesan yang diteruskan secara otomatis
Pesan yang diteruskan secara otomatis dari akun lainnya; tidak termasuk dalam batas pengiriman harian
10.000
Filter email penerusan otomatis 
Filter akun yang meneruskan email secara otomatis
20
Penerima per pesan
Dicantumkan di kolom Kepada, Cc, dan Bcc satu email*
2.000 (500 eksternal)
Penerima per pesan yang dikirim melalui SMTP (oleh pengguna POP atau IMAP) atau Gmail API
Dicantumkan di kolom KepadaCc, dan Bcc satu email. Termasuk email yang dikirim menggunakan smtp-relay.gmail.com atau smtp.gmail.com*
100
Penerima total per hari
Setiap alamat dihitung di setiap email yang dikirim; 5 email yang dikirim ke 10 alamat dihitung sebagai 50 penerima*
10.000
Penerima eksternal per hari
Alamat email di luar domain utama, termasuk alias domain dan domain alternatif
3.000
Penerima unik per hari
Setiap alamat dihitung satu kali sehari, 5 email yang dikirim ke 10 alamat dihitung sebagai 10 penerima unik*
3.000 (2.000 eksternal, 500 eksternal untuk akun percobaan)

*Berlaku untuk penerima internal dan eksternal

Hal yang juga dihitung terhadap batas pengguna

  - Email yang dikirim dari alamat alternatif pengguna atau alias
  - Email yang dikirim asisten atas nama Anda (jika Anda mendelegasikan email ke asisten)
  - Email yang dikirim dari penjawab kala libur Gmail

Membuka akun pengguna yang ditangguhkan

Administrator G Suite dapat memeriksa bagian Pengguna di Konsol Admin Google untuk menemukan detail tentang batas yang telah dicapai dan kapan akses akan dipulihkan. Dalam beberapa kasus, administrator dapat mengambil tindakan untuk memulihkan akses. Untuk petunjuknya, lihat Setel ulang penangguhan Gmail.

Akun yang terdeteksi mengirim spam dapat dibatasi untuk mengirim email secara permanen. Lihat Kebijakan spam dan penyalahgunaan Google.

Meningkatkan batas dengan mengakhiri uji coba gratis Anda 

Beberapa batasan diterapkan khusus untuk akun uji coba. Di akhir masa uji coba gratis, batas tersebut akan ditingkatkan secara otomatis saat domain Anda ditagih secara kumulatif minimal sebesar USD 30 (atau jumlah yang sama dalam mata uang Anda). Jika Anda membeli domain dari Google, jumlah yang dibutuhkan untuk meningkatkan batas pengiriman adalah USD 30 ditambah biaya domain Anda.

Jika ingin segera meningkatkan batas, Anda dapat mengakhiri uji coba gratis dan membayar jumlah tersebut sekarang. Untuk petunjuknya, lihat Melakukan pembayaran manual. Diperlukan waktu hingga 48 jam untuk meningkatkan batas setelah Anda mengirimkan pembayaran. 

Penting: saat Anda masih berada dalam masa uji coba, batas pengiriman tidak akan ditingkatkan.

Saran untuk mengirim email massal

Berikut adalah beberapa cara agar tidak melebihi batas saat mengirim sejumlah besar email, seperti untuk kampanye pemasaran:

 - Sebarkan komunikasi massal selama 2 hari—Kirim pesan ke satu grup penerima, tunggu 24 jam, lalu kirim ke grup lain.

 - Kirim email ke alamat grup—Kirim email ke banyak alamat email menggunakan alamat grup tunggal. Misalnya, hubungi semua pengguna di organisasi 

   dengan menambahkan setiap orang dalam domain ke daftar email. Untuk detail lebih lanjut, lihat Grup dan Kebijakan dan batas Grup.

 - Gunakan solusi Marketplace—Banyak pengembang pihak ketiga menawarkan aplikasi untuk pengiriman email massal. Buka G Suite Marketplace untuk mendapatkan berbagai ide.

   Catatan: Google tidak menawarkan dukungan teknis untuk aplikasi Marketplace. Solusi Marketplace dibuat oleh pengembang pihak ke-3 untuk pemirsa umum.

 - Buat solusi App Engine—Pengembang dapat meningkatkan batas email dengan membentuk aplikasi yang disesuaikan. Lihat App Engine untuk email.

 - Terima email melalui server lokal—Jika Anda memiliki server email lokal, gunakan server tersebut untuk mengirim email langsung ke penerima agar menghindari batas pengiriman. \

   Server lokal ini juga harus    ditambahkan ke data SPFagar pesan tidak ditandai sebagai spam.

 - Tinjau panduan pengiriman massal dan praktik terbaik—Beberapa penerima email mungkin melaporkan pesan massal sebagai spam. Oleh karena itu, 

   Anda perlu memastikan bahwa semua penerima bersedia menerima email tersebut. Anda juga dapat memeriksa setelan email untuk melihat aturan atau filter penerusan yang  

   tidak dikonfigurasi dengan benar. Untuk detailnya, lihat panduan dan praktik terbaik pengiriman massal kami.