Untuk memungkinkan pengguna melakukan tugas pengelolaan dalam konsol Google Admin, berikan pengguna satu atau beberapa peran administrator. Ketika pengguna dengan peran administrator masuk ke akun Google Cloud, mereka akan masuk ke konsol Admin. Tugas yang dapat mereka lakukan di sana bergantung pada hak istimewa yang diberikan oleh peran mereka.

Anda dapat menetapkan peran yang telah dibuat sebelumnya dari konsol Admin untuk melakukan fungsi bisnis umum atau peran khusus yang Anda buat untuk organisasi Anda. Tetapkan beberapa peran kepada pengguna untuk memberikan semua hak istimewa dalam peran tersebut.

b30-sQk-xoi5KIQ921xAyTxaxFP007tK3w.png

Menetapkan peran kepada satu pengguna

  1. Masuk ke Konsol Google Admin.
  2. Temukan akun pengguna.
  3. Klik pengguna untuk membuka laman informasinya.
  4. Gulir ke bagian bawah laman dan klik Tampilkan lainnya.
  5. Klik Peran admin dan hak istimewanya 

    -lq6FS6Fb6fapVr-ir8JfrKCurdXfmie3Q.png

  6. Klik Tetapkan peran lainnya.
  7. Pilih peran dari daftar tarik-turun Peran.
  8. (Opsional) Jika peran menyertakan izin pengelolaan pengguna, klik daftar Hak admin atas untuk memilih unit organisasi yang dapat dikelola oleh administrator. Apa ini?.
  9. Klik Konfirmasikan penetapan.                                                                                                                                                                                                                                                  

Menetapkan peran kepada beberapa pengguna

  1. Masuk ke Konsol Google Admin.
  2. Dari dasbor, klik Peran Admin. Ada di mana?
  3. Di bagian kiri laman Peran Admin, pilih peran yang ingin ditetapkan. Ini mencantumkan pengguna yang saat ini ditetapkan peran ini. Untuk melihat hak istimewa yang diberikan peran ini, klik Hak istimewa.
  4. Klik Tetapkan admin.
  5. Ketik nama pengguna milik pengguna                                                                                                                                                 

    nTtIMSt3_RqKTHEULW4XtwU0s1Cu9E-n8g.png

  6. (Opsional) Jika peran menyertakan izin pengelolaan pengguna, klik daftar Hak admin atas dan pilih unit organisasi yang dapat dikelola administrator. Apa ini?
  7. Klik Tetapkan admin untuk menetapkan peran kepada pengguna lainnya. Atau untuk menghapus peran dari pengguna, pilih pengguna dan klik tombol Batalkan penetapan admin.

Menetapkan peran pengelolaan pengguna

          Ketika menetapkan peran yang melakukan tindakan pada pengguna, Anda dapat mengizinkan administrator untuk melakukan tindakan tersebut pada semua pengguna di akun Anda,                                                   atau hanya pada pengguna di unit organisasi tertentu. Misalnya, Anda dapat memberikan hak istimewa kepada administrator untuk menambahkan atau menghapus hanya pengguna di bagian Penjualan.

  1. Ikuti langkah-langkah di atas untuk menetapkan peran kepada pengguna.
  2. Pilih peran yang dapat melakukan semua tindakan pada Pengguna.
  3. Klik daftar Hak admin atas untuk menampilkan struktur organisasi Anda.                                                                                                                                                                                                     Daftar Hak admin atas hanya tersedia jika peran menyertakan minimum satu hak istimewa pengelolaan pengguna. Jika tidak, bidang akan menampilkan Semua Org.
  4. Pilih unit organisasi yang dapat dikelola oleh administrator.                                                                                                                                                                                                                             Administrator dapat melakukan tugas pengguna yang dikaitkan dengan peran ini hanya pada pengguna di unit organisasi ini dan setiap suborganisasi. Guna memberi administrator hak istimewa untuk seluruh akun Anda, pilih organisasi tingkat teratas. (Jika Anda belum membuat struktur organisasi, organisasi tingkat teratas adalah satu-satunya yang tersedia.)
Pembatasan Hak Admin atas berlaku hanya untuk tindakan yang dilakukan di laman Pengguna. Hak istimewa lainnya berlaku untuk seluruh akun Anda.

Pengguna biasanya mendapatkan hak istimewa baru dalam beberapa menit, tetapi proses ini juga dapat memakan waktu hingga 24 jam. Ketika pengguna masuk ke akun Google, dia akan masuk ke dasbor konsol Admin dan melihat kontrol yang dikaitkan dengan hak istimewanya.

Langkah berikutnya: Minta setiap administrator untuk Menambahkan opsi pemulihan ke akun administrator mereka.