Bila Anda menghapus pengguna

  • Pengguna tidak dapat lagi mengakses layanan G Suite organisasi Anda, termasuk file Drive atau Laman Google+ yang mereka miliki.
  • Data G Suite pengguna akan dihapus (termasuk pesan Gmail dan data kalender mereka).
  • Aset Akun Bermerek seperti laman Google+, direktori Google Bisnisku, atau saluran YouTube akan ditransfer atau dihapus:
          - Aset Akun Bermerek dengan beberapa pemilik akan ditransfer secara otomatis ke pemilik lain.
          - Jika pengguna yang dihapus adalah pemilik tunggal, aset Akun Bermerek juga akan dihapus (Anda dapat memilih untuk mentransfer kepemilikan kepada pengguna lain.)
          - Catatan: Akun Bermerek memungkinkan Anda menciptakan kehadiran online untuk bisnis atau merek Anda, termasuk produk Google seperti laman Google+, direktori Google Bisnisku, atau saluran YouTube.
  • Profil, lingkaran, komunitas, koleksi, dan acara Google+ pengguna, yang hanya dimiliki oleh mereka, akan dihapus. Komunitas, koleksi, dan acara tidak dihapus jika ada anggota lain.
  • Semua file Drive pengguna akan dihapus (termasuk semua Google Dokumen, Spreadsheet, Slide, dan semua jenis file lainnya). Anda dapat memilih untuk mentransfer kepemilikan ke pengguna lain.

Menghapus pengguna

Penting: Sebelum menghapus akun pengguna

  • Kalender bersama. Anda harus mentransfer kepemilikan kalender bersama. Jika pengguna membuat kalender bersama yang kini ingin Anda serahkan pengelolaannya kepada orang lain, berikan izin kepada pengguna lain tersebut untuk "Melakukan perubahan dan mengelola aktivitas berbagi" di kalender bersama.
  • Email bisnis yang diberdayakan oleh G Suite. Jika Anda mendaftar untuk layanan email bisnis yang memungkinkan Anda mengelola email pribadi dan bisnis melalui kotak masuk Google yang sama, berarti Anda telah membeli email bisnis yang diberdayakan oleh G Suite. Pelajari lebih lanjut.                                                                                                                                                                                             Peringatan: Sebelum Anda menghapus akun pengguna milik orang yang mendaftar ke email bisnis yang diberdayakan oleh G Suite, tinjau pertimbangan penting berikut ini:                                                        -  Akses pengguna tersebut ke akun Gmail pribadi mereka yang digunakan untuk mendaftar ke email bisnis dihapus.                                                                                                                                                -  Anda tidak dapat lagi mengelola domain melalui Google Domain. Untuk mempertahankan akses, transfer domain tersebut ke akun Google Domain lain.
  • Vault dan G Suite Business. Semua data Vault pengguna akan dihapus. Tindakan ini akan dilakukan terlepas dari setelan retensi atau penangguhan apa pun yang mungkin berlaku. Pelajari lebih lanjut

Anda mungkin perlu mempertimbangkan cara lain untuk mengekstrak data sebelum menghapus akun pengguna.

Apa yang terjadi pada data pengguna yang dihapus?

  • Email. Semua pesan di akun pengguna akan dihapus setelah 5 hari.
  • Kalender. Kalender utama pengguna akan dihapus setelah 5 hari. Kalender bersama yang dibuat pengguna tidak dihapus, namun akan terus dikelola oleh pengguna lain, Anda perlu memberi izin pengguna lain untuk "Melakukan perubahan DAN mengelola aktivitas berbagi" di kalender bersama.
  • File Drive. File Drive yang dimiliki pengguna dihapus setelah lima hari kecuali Anda mentransfer file tersebut ketika menghapus pengguna, seperti yang dijelaskan di bawah.
  • Vault. Penangguhan atau aturan retensi apa pun yang diterapkan ke pengguna akan dihapus. Semua data untuk pengguna tersebut akan dihapus dari Vault dalam 30 hari.
  • Aset Akun Bermerek seperti laman Google+, direktori Google Bisnisku, atau saluran YouTube akan ditransfer atau dihapus. Aset yang memiliki beberapa pemilik akan ditransfer secara otomatis ke pemilik lain. Jika pengguna yang dihapus adalah pemilik tunggal, aset tersebut juga akan dihapus (Anda dapat memilih untuk mentransfer kepemilikan kepada pengguna lain.)
  • Lingkaran, komunitas, koleksi, dan acara. Profil, lingkaran, komunitas, koleksi, dan acara Google+ pengguna, tidak terpengaruh jika ada anggota lain. Namun jika pengguna yang dihapus adalah pemilik tunggal, komunitas, koleksi, dan acara akan dihapus.
  • Laman situs. Laman situs yang dibuat oleh pengguna tidak dihapus. Namun sebagai administrator, Anda dapat menghapus situs.
  • Layanan selain inti. Konten pada layanan selain inti pengguna (seperti YouTube dan Blogger) dihapus.

Cara menghapus pengguna

  1. Masuk ke Konsol Google Admin Anda.

    Masuk menggunakan akun administrator (bukan yang diakhiri dengan @gmail.com).

  2. Dari dasbor Konsol admin, buka Pengguna.
  3. Untuk menghapus satu pengguna, di daftar pengguna, klik Lainnya Lainnya bagi pengguna yang ingin diubah, dan pilih Hapus.

    Atau dari laman akun pengguna, di sudut profil pengguna, klik Lainnya Lainnya dan pilih Hapus.

  4. Untuk menghapus beberapa pengguna, klik gambar di samping nama pengguna yang ingin dihapus.
  5. Di sudut atas, klik Lainnya Lainnya dan pilih Hapus.
  6. (Opsional) Tunjukkan jika Anda ingin mentransfer kepemilikan konten pengguna.
    1. Laman Google+: Anda dapat memilih untuk mentransfer semua Laman Google+ (dan aset Akun Bermerek lainnya) yang dimiliki pengguna.
    2. Drive: Anda dapat memilih untuk mentransfer semua file yang dimiliki pengguna atau hanya file bersama yang mereka miliki.
    Perhatikan hal-hal berikut:                                                                                                                                                                                                                                                                        - Konten yang tidak ditransfer ke pengguna lain akan dihapus oleh Google. File Google Drive akan dihapus dalam waktu lima hari. Aset Akun Bermerek (seperti laman Google+) akan segera dihapus jika  pengguna adalah pemilik tunggal.                                                                                                                                                                                                                                                                          - Konten yang ditransfer mencakup seluruh file dari semua jenis, tidak hanya Google Dokumen, Spreadsheet, Slide, dan sebagainya.
  7. Konfirmasikan bahwa Anda ingin menghapus pengguna.
  8. Bila perlu, hapus pengguna dari daftar kontak Gmail Anda.

Saat penghapusan dan transfer selesai, Google akan mengirim email kepada kontak domain primer dan sekunder yang dijelaskan dalam Profil Perusahaan > Profil > Informasi kontak.

Memulihkan pengguna yang dihapus

Anda dapat memulihkan akun yang baru dihapus dalam waktu maksimum 5 hari. Setelah 5 hari berlalu, akun yang dihapus tidak dapat dipulihkan.

Jika Anda memulihkan pengguna yang dihapus:

  • Jika konten mereka ditransfer, pengguna tersebut akan dipulihkan sebagai pengguna yang ditangguhkan.
  • Setiap file Drive yang tidak ditransfer ke pengguna lain akan secara otomatis dipulihkan ke pengguna.
  • Jika file mereka ditransfer ke pengguna lain:
          - Kepemilikan file tersebut dipegang oleh pengguna yang menerima transfer file.
          - Pengguna yang dipulihkan hanya dapat mengedit file yang sebelumnya mereka miliki.