1. Verifikasi Domain dengan Zoho Mail

Setelah kamu memasukkan nama domain, maka Zoho akan melakukan pengecekan dan verifikasi. Tunggu sebentar hingga kamu diarahkan ke halaman Domain Setup yang isinya verfikasi domain dengan Zoho Mail. Pada bagian Select your domain’s DNS Manager (DNS Hosting provider) from the list, silahkan pilih Others. Lalu untuk menambahkan record ke domain, kamu bisa menggunakan CNAME, TXT atau HTML. Kami sarankan untuk menggunakan TXT Method saja karena lebih mudah dan cepat.

cara setting email zoho


2. Tambahkan TXT Record pada Domain
silahkan tambahkan TXT record melalui cPanel Hosting. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini atau lebih jelas dapat dibaca di Panduan Setting DNS Melalui cPanel.
a. Silahkan login ke cPanel Hosting terlebih dahulu.
b. Setelah itu cari Menu Zone Editor. Kemudian klik Manage pada domain yang diinginkan.
c. Kemudian pilih TXT dan klik Add Record. Setelah itu pilih Add TXT Record. 


3. Apabila kamu sudah selesai menambahkan TXT record, silahkan klik Proceed to TXT Verification.

cara setting email zoho

4. Jika berhasil, maka muncul tulisan Great! The TXT records of the domain websitesaya.net are perfect. Lalu klik Verify Now.

cara setting email zoho


5. Membuat Akun Admin Zoho Mail

Sekarang saatnya kamu membuat akun admin dengan mengunakan nama domain yang telah didaftarkan tadi. Jika kamu sebagai Admin atau Administrator, maka kamu dapat melakukan pengelolaan akun, pengelolaan pengguna, membuat email karyawan, mengubah hak akses dan sebagainya. Silahkan tulis username untuk admin. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan kata “admin” saja. Jika sudah selesai, silahkan klik Create Account.

cara setting email zoho

Menambahkan User dan Grup

6. Menambahkan Email ID User Baru

Di Zoho, kamu juga bisa berkolaborasi dengan user lainnya lho! Misalnya kamu adalah bos dari suatu perusahaan, lalu kamu ingin menambahkan email karyawanmu. Hal tersebut bisa dilakukan! Silahkan klik Proceed to Add Users.

cara setting email zoho

Lalu pilih Add User dan silahkan isi dengan identitas user yang ingin kamu buat. Tulis nama depan, nama belakang, email ID serta password. Jika sudah, silahkan klik OK. Nah, kamu juga bisa mengundang karyawan/ user yang ingin kamu tambahkan dengan menggunakan alamat email. Silahkan tulis alamat email pada bagian Invite a user through other existing email address. Jika sudah, silahkan klik Back to Setup.

cara setting email zoho

7. Menambahkan Grup

Nah, di suatu perusahaan pastinya memiliki suatu divisi-divisi tertentu. Kamu bisa membuat email dengan domain perusahaan atas nama divisi. Misalnya divisi HR, menggunakan email hr@namaperusahaan.com atau finance@namaperusahaan.com dan sebagainya. Silahkan klik Proceed to Create Groups jika ingin menambahkan grup. Jika tidak, silahkan klik Skip.

cara setting email zoho


8. Menambahkan MX Record pada Domain

Setelah menghapus MX Record, kamu harus membuat MX Record untuk memastikan apakah email berhasil dikirim. Terdapat 3 MX record yang wajib kamu tambahkan

cara setting email zoho

9. Pengaturan SPF dan DKIM

SPF dan DKIM ini berfungsi untuk pengaturan spam email. Silahkan masukkan TXT record seperti tadi.

cara setting email zoho

Tambahkan saja ya! Jangan dihapus. Hal ini sifatnya optional. Jika tidak ingin dilakukan, silahkan klik Skip.

cara setting email zoho